14 December 2015

Bos Dorna Carmelo Ezpeleta Dapat Kritikan

Bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta mendapatkan kritikan terkait penggunaan perangkat baru Magneti Marelli dan Ban Michelin yang sedikit mengkhawatirkan pada MotoGP musim 2016, untuk masalah ECU baru pada musim depan memang sudah menjadi kontroversi sejak awal.

Mulai musim depan ECU ini wajib digunakan untuk semua tim balap pabrikan dan open class, tim dan teknisi mengeluhkan perangkat lunak baru ini yang mereka anggap tidak stabil dan responnya terlalu lambat sehingga setingan yang mereka inginkan seperti pada Launch Control, Wheelie Control dan Traction Control tidak sesuai harapan.

bos dorna sport carmelo ezpeleta


Sebagian produsen setuju dengan penggunaan perangkat dari magnetti marelli ini karena mereka pikir terutama untuk pabrikan berkelas seperti Honda tentu saja akan kehilangan kemajuan teknologi yang mereka miliki.

Honda benar-benar harus merusaha keras melawan ECU ini, bahka dikutip dari Speedweek Honda berniat menarik diri dari kejuaraan MotoGP. Mereka menganggap Dorna telah memilih mitra yang salah untuk urusan perangkat elektronik.

Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi pun mengeluhkan perangkat lunak baru untuk musim 2016, menurutnya ini adalah langkah mundur kembali seperti tahun 2008. Dani Pedrosa setuju dengan Rossi.

Tapi mungkin pembalap yang berpengalaman mencicipi perangkat ini pada masa lalu akan sedikit di untungkan, tapi semua tidak bisa dipastikan karena apapun bisa terjadi.

Bos Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta juga mengakui bahwa ini adalah langkah mundur, tapi niatnya adalah mementingkan kesamaan perangkat untuk semua tim dalam kejuaraan.

"Mungkin elektronik ini merupakan langkah teknis mundur. Tapi itu telah bersama kami saat ini, ada yang serius mengeluh. pembalap mengatakan ECU ini lebih buruk dari pada software pabrik mereka dari 2015. Ya, tentu, itu bisa. Tapi situasi yang kami cari adalah adalah penggunaan perangkat yang sama untuk semua."

"Selain itu, software ini masih terus dikembangkan. Sampai awal musim 2016, perbedaan akan kurang. Tapi ide asli untuk melengkapi semua tim dan pembalap dengan elektronik identik."

Untuk masalah ban Michelin tahun depan Ezpeleta mengatakan pabrikan asal Prancis itu tetap terus melakukan perkembangan jelang ajang MotoGP 2016 dimulai, pada tanggal 21 dan 22 desember mendatang mereka akan melakukan tes tambahan untuk perkembangan.