04 May 2016

Cara Merawat Sepeda Motor Yang Baik

Kendaraan adalah salah satu transportasi  bagi masyarakat modern pada saat ini. Dalam laman wikipedia, kendaraan atau angkutan atau wahana adalah alat transportasi, baik yang digerakkan oleh mesin maupun oleh makhluk hidup. Manfaat transportasi, tentunya juga mempermudah manusia dalam mempersingkat waktu untuk menempuh berbagai perjalanan. Hal tersebut tentunya menjadikan kendaraan adalah salah satu benda yang harus dimiliki agar waktu lebih efektif dan efisien.

cara merawat motor yang baik


Pada saat ini, banyak sekali berbagai kendaraan yang bisa kita gunakan untuk menempuh berbagai perjalanan. Baik itu menggunakan mobil, bus, kereta, pesawat, perahu, atau pun motor. Dengan banyaknya berbagai transportasi tersebut, motor adalah salah satu alternatif masyarakat untuk menempuh perjalanan. Hal tersebut dapat dilihat dengan tingginya angka kepemilikan sepeda motor, dibandingkan kendaraan lainnya.

Berikut beberapa cara merawat sepeda motor yang baik:

Tune Up
Tune up atau biasa kita panggil dengan bahasa kata servis adalah salah satu hal yang paling penting untuk merawat motor Anda agar tetap lebih optima. Pastikan Anda harus melakukan tune up kurang lebih 1 sampai 2 bulan satu kali. Hal tersebut bisa Anda sesuaikan dengan penggunaan kendaraan Anda. Jika anda rutin menggunakan kendaraan Anda, biasakan 1 bulan sekali, namun jika Anda jarang menggunakan motor yang ada, Anda bisa melakukan service 2 bulan satu kali.

Ganti oli
Selain tune up, Anda juga harus mengganti oli motor Anda. Pada umumnya selama kita melakukan tune up diiringi pergantian oli juga. Hal tersebut agar oli yang sudah tercampur dengan kotoran dan mengental diganti dengan oli yang baru dan masih berkualitas. 

Memanaskan Motor
Dalam menggunakan motor, ada baiknya sebelum Anda menggunakan kendaraan Anda diharuskan memanaskan motor. Hal tersebut agar mesin motor Anda sudah siap untuk melakukan perjalanan. Biasakan setiap hari untuk memanaskan motor paling sedikit sekitar 5 menit.

Bahan Bakar
Setelah mebiasakan motor, hal lain yang jarang diperhatikan oleh kebanyakan orang adalah menggunakan kualitas bensin yang baik. Hal tersebut tentunya akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas motor Anda. Kendati demikian, kebanyakan orang tentunya memilih bahan bakar yang lebih murah dibandingkan bensin yang memiliki harga relative lebih tinggi. 

Menghindari panas matahari
Ketika Anda sudah sampai pada tempat tujuan, biasakan Anda mencari parkiran yang tertutup. Hal tersebut bertujuan agar kendaraan Anda terhindar dari panas matahari yang bisa menyebabkan motor Anda terlalu panas sehingga dapat menyebabkan kerusakan.

Kebersihan
Sebaiknya setelah Anda menggunakan motor ada baiknya Anda membersihkan kendaraan Anda. Dalam membersihkan motor, tentunya tidak harus setiap hari. Akan tetapi Anda dapat mempertimbangkan berbagai keadaan, seperti banyaknya debu atau setelah terkena hujan. Hal tersebut agar motor Anda tidak mengalami keropos yang dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda.

Mengganti Spare Part
Hal yang paling penting dalam perawatan motor, adalah Anda sebaiknya segera mengganti jika terdapat sparepart yang mengalami kerusakann. Hal tersebut bertujuan, selain agar lebih nyaman ketika penggunaan, Anda juga tentunya akan merasa lebih nyaman dalam penggunaan.

Demikian beberapa cara dalam merawat motor yang baik. Anda dapat menambahkan beberapa alternative dan melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.

Akan tetapi tentunya Anda harus memilih spare part yang tidak bertentangan dengan hokum dan juga memiliki kualitas yang terbaik. Dengan perkembangan zaman sekarang, Anda bisa membeli berbagai peralatan otomotif di toko online yang sudah dapat dipercaya seperti di website ini. Semoga bermanfaat.