20 March 2016

Konfirmasi Lengkap Masalah Jorge Lorenzo Dan Valentino Rossi FP4 Qatar

Belum lagi race perdana di mulai, MotoGP 2016 sudah mulai terlihat tensinya akan memanas bukan Marc Marquez dan Valentino Rossi melainkan masalah muncul antara kedua pembalap Movistar Yamaha yaitu Lorenzo dan Rossi pada sesi Free Practice 4. Masalah apa yang sebenarnya terjadi sampai Rossi mendesak race direction untuk menghukum Jorge?

masalah valentino rossi dan jorge lorenzo fp4 qatar


Permasalahan bermula ketika Jorge Lorenzo keluar dari Pit Lane dan memacu motornya dengan kecepatan tinggi, disaat yang bersamaan Rossi juga sedang memacu motor dengan kecepatan tinggi dan sontak saja ditikungan 1 Rossi melontarkan kekesalannya dengan mengacungkan tangan ke Jorge. Hal inilah yang dipertanyakan Rossi kepada Race Direction kenapa mereka tak memberikan hukuman kepada Jorge, sebenarnya ini masalah kecil, lalu kenapa Rossi memanas?

Bukan tanpa alasan, masih ingat kesalahan yang dilakukan The Doctor musim lalu di San Marino? Kejadian diwaktu itu hampir sama, Rossi dianggap telah menghalangi laju Lorenzo pada sesi kualifikasi dan saat itu ia dijatuhi hukuman pengurangan 1 poin, hal ini mungkin yang diingat Rossi, sebab akibat kejadian itu pointnya menjadi 4 ketika dinyatakan bersalah saat insiden terjadi dengan Marc Marquez di Sepang. Dampaknya ia start dari posisi paling buncit pada seri pamungkas di Valencia yang menyebabkan ia gagal meraih gelar juara dunia ke 10.
Lorenzo keluar dari pit lane tanpa melihat keadaan dan ketika ia tiba ditikungan pertama ia mencoba memperlambat laju tapi ia terlihat tetap merespon. Saya hanya bermaksud mempertanyakan mengapa? lalu melalui gerak tangannya ia seolah mengatakan 'apa yang kau inginkan?', yang saya permasalahkan keadaan ini sama seperti yang saya alami saat kualifikasi di San Marino, saya melakukan kesalahan yang sama dengan yang ia lakukan sekarang tapi saat itu Lorenzo sangat marah dan akhirnya hukuman 1 poin penalti saya dapatkan.
Itulah konfirmasi permasalahan dari versi Valentino Rossi, sedangkan Jorge Lorenzo juga punya versi tersendiri atas apa yang terjadi dan menjawab tuduhan yang dilayangkan The Doctor bahwa Jorge ingin memperlambat lajunya pada saat itu.

Jorge Lorenzo punya cerita ataupun versi berbeda dari yang diungkap Rossi, menurutnya Rossi sama sekali tidak punya alasan kuat untuk mengeluhkan apa yang terjadi saat FP4 dengan Race Direction agar dirinya mendapatkan hukuman.
Menurut saya Rossi sama sekali tidak ada alasan untuk mengeluh, semua orang pasti tahu jika pembalap keluar dari pit lane siapa saja tidak dibolehkan berhenti dan memberikan mereka menyalip. satu-satunya hal yang bisa dilakukan tetap berada digaris putih tapi saya tidak bisa berada di gravel.
Bukan mempertanyakan apa yang sebenarnya yang inginkan Valentino Rossi secara langsung, tapi Jorge justru memberikan kepercayaan kepada wartawan untuk bertanya kepada Rossi mengapa ia marah pada dirinya. Hal ini semakin memperkuat bahwa memang hubungan kedua pembalap ini belum membaik dari perebutan gelar musim lalu.

Jorge mengaku jika Rossi saat ini marah kepadanya ia sama sekali tak tahu alasan apa yang membuat Rossi marah, nanti malam saat race dimulai Jorge akan memulai balapan dari posisi terdepan sedangkan Rossi akan memulai dari posisi kelima.