22 March 2016

Ini Fungsi Proguard Pada Motor, Tampil Sporty Dan Safety

Apa sih fungsi Proguard pada motor atau yang sering disebut dengan stabil L untuk motor? akhir-akhir ini banyak pemilik sepeda motor yang memasang Proguard ini pada kendaraan mereka, memang dari segi tampilan semakin terlihat sporty dan mempercantik tampilan, tapi dari sisi safety apa ada fungsinya? Mari simak ulasan detail fungsi Proguard pada motor.
fungsi proguard motor
pic from mariodevan


Proguard ini sekarang mudah ditemukan ditoko aksesoris motor, fungsi penting dari Proguard ini adalah mencegah tuas rem yang tertekan tidak sengaja saat terjadi senggolan atau pengendara terjatuh. Sejarah Proguard ini awalnya digunakan pada lintasan balap pada tahun 2011 lalu. FIM mewajibkan semua tim yang berlaga pada ajang MotoGP untuk menggunakan pelindung tuas rem ini, tentu saja dari fungsinya sangat bermanfaat untuk digunakan pada ajang tersebut dimana sering terjadi senggolan ataupun crash saat pembalap melaju dilintasan.

Akhirnya saat ini penggunaan Proguard diperluas untuk semua ajang balap dibawah naungan FIM, dan tak hanya ajang balap saja, ternyata sekarang pabrikan juga sudah ada yang menyediakan Proguard pada untuk bisa digunakan pada motornya, salah satu pabrikan yang memberikan pengaman tuas rem ini adalah Ducati.

Menurut pihaknya Proguard yang dikeluarkan oleh Ducati bisa digunakan untuk semua tipe motor Ducati baik versi jalanan ataupun balap. Sudah tau kan sekarang fungsi Proguard pada motor?