Honda kini sedang berupaya keras untuk lebih mengoptimalkan teknologi Dual Clutch Transmisson agar nantinya bisa diterapkan untuk semua motor sport Honda. Beberapa motor sport Honda yang saat ini sudah dibekali dengan teknologi DCT diantaranya NC750X, VFR1200F, dan Africa Twin. Sedangkan untuk model sport lain Honda seperti seri Fireblade dan CBR600 sama sekali belum mencicipi teknologi ini.
Bukan tanpa alasan Honda mempertimbangkan untuk tidak memberikan semua model sport mereka teknologi DCT, faktor utama adalah teknologi DCT ini dari ukuran dan beratnya memiliki bobot yang jauh lebih berat dari transmisi konvensional, jadi tentu saja tidak semua motor cocok untuk ditanami teknologi DCT ini.
Namun berdasarkan informasi terbaru dari media luar yaitu visordown, para insinyur Honda yang saat ini sedang mengerjakan project ini sangat fokus dan bekerja keras untuk mengembangkan teknologi DCT ini agar nantinya bisa sesuai dengan semua motor sport, salah satu usaha yang sedang mereka kerjakan saat ini adalah mengurangi berat dari Dual Clutch Transmission ini. Bayangkan saja jika motor ditanami teknologi ini maka beratnya akan bertambah sebesar 10 kg. Tapi walaupun memiliki beban yang lebih berat teknologi DCT ini diklaim mampu membuat motor melaju lebih cepat karena tenaga yang terbuang saat pengendara melakukan perpindahan gigi akan akan lebih kecil dari transmisi konvensional.
Hal ini diungkapkan langsung oleh Kosaku Takahasi sebagai salah satu insinyur Honda yang memberikan contoh pada dua motor sport Honda yaitu NC750X dan Africa Twin.