Bocoran terbaru spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi, bocoran ini di ungkap secara gamblang dari sumber yang terpercaya. Di kutip dari LaskarSuzuki hal ini berkaitan erat dengan training mekanik membedah mesin Satria FU Injeksi di SUZUKI TRAINING CENTER, Pulogadung.
beberapa waktu lalu bocoran tentang Satria FU Injeksi ini semakin mencuat apalagi ketika ada penampakan pembuatan iklan untuk motor terbaru Suzuki ini. Bahkan ada juga yang secara langsung menyaksikan Suzuki melakukan uji coba di Sentul beberapa waktu yang lalu untuk motor ini.
Untuk spesifikasi Suzuki Satria FU Injeksi ini dibocorkan oleh echno juragan Racing Manufacture (TRM) sebagai berikut :
- Pin piston 15mm (Satria Karbu 16mm)
- Mesin 100% baru, hampir tidak ada parts yang bisa di substitusi dengan mesin FU-150
- Timing Chain double (persis FXR 150 & Shogun FD-110)
- Langkah masih sama 48.8mm sedangkan diameter masih dirahasiakan.
- Diameter klep in & out di perlebar masing-masing 2mm dari Satria Karbu.
- Efek klep in di perlebar, akibatnya coakan di piston habis sampai keluar dinding piston.
- Sudut klep di pertegak (dibanding Satria karbu)
- Ring piston tipis..
- Posisi bandul engine balancer pindah ke atas (dibanding Satria Karbu)
- Shift Arm di develop ulang, bebas miss gear & perpindahan lebih halus (dibanding Satria Karbu)
- Terdapat penguat / Pemegang Head Engine. (seperti FXR)
- Penampang radiator lebih besar, kapasitas fluida lebih banyak (dibanding Sonic & MX-King)
- Jalur air di waterjacket dalam, hampir sampai pangkal TMA.. (Tidak seperti mesin 150cc yamaha yang setengah langkah piston saja)
- kompresi mesin 13.5 : 1 (pantesan over bore, tapi torsi besar..)
- kanfas kopling (ruas-ruas kanfas) lebih kecil, alasannya jalur oli lebih baik, sehingga mencegah kopling gosong..
- Peak power 13000rpm (prototype) semoga versi produksi masal nanti tidak berbeda jauh.
- Bahan blok-blok mesin jauh lebih tebal (dibandingkan Satria Karbu)
- kapasitas oli 1.3 liter, penggantian filter 1.4 liter, over haul 1.5 liter
- Bobot mesin lebih berat (dibanding Satria Karbu) tapi bobot chassis di peringan, sehingga bobot total malahan turun 2kg (Satria Karbu 107 kg, Satria Fi 105 kg)
- Fitur Speedometer : Fitur standar + jam, Trip A Trip B, LCD Besar, peringatan change oil.
- Kanfas rem depan & belakang jauh lebih tebal (Dibanding Satria Karbu)
- Lampu depan LED (Menyatu dengan reflektor)
- Bentuk Stop Assy perpaduan New Shogun 125 dan Axelo.
- One easy button (Suzuki Easy Start)