07 January 2016

Apa Alasan CBR Lokal Cepat Sekali Facelift ?, Ini Analisanya

Dunia otomotif memang sangat susah sekali di tebak, baru beli motor hari ini eh selang berapa lama udah keluar lagi yang baru, jengkel ?, ganti aja motor lama dengan yang baru hehe. Hal ini terjadi sama si CBR 150R atau yang akrab di panggil dengan sebutan CBR Lokal, motor ini terbilang belum terlalu lama dikeluarkan honda dan penjualannya pun masih bagus dan stabil di anggak 6.000 lebih. Tapi kabarnya bakal ada penyegaran dari Honda kode TPTnya juga sudah di daftarkan AHM.

Nah apa alasan Honda melakukan facelift untuk CBR Lokal ini ?, pertanyaan yang ramai di perbincangkan di dunia maya, blogger ternama Bonsaibiker pun sepertinya turun gunung menganalisa fenomena ini.

cbr lokal 150 facelift , apa alasannya

Ada dua sisi penting yand di kaji oleh admin Bonsaibiker yang menyebut dirinya james bond, hehe. Yang pertama yaitu penetrasi AHM terhadap keadaan pasar dan yang kedua kondisi real lapangan.

Strategi Penetrasi AHM Melihat Keadaan Pasar

Dalam 10 tahun terakhir terlihat bahwa strategi yang diterapkan Honda yaitu luluh lantah per sektor yang artinya adalah Honda terkonsentrasi pada satu sektor yang digarap serius oleh mereka lalu mereka juga menumbangkan sektor tersebut baru kemudian menambah sektor lain, dalam menjalankan strateginya Honda tidak langsung menumbangkan semua sektor tapi satu persatu. Ini mungkin menurut mereka lebih efektif.

Misalkan yang pertama Honda menggarap serius pada segmen skutik dengan menghadirkan Beat, Vario, Scoopy, dan Spacy. Setelah mereka sukses mengalahkan kompetitor pada segmen ini barulah beralih ke segmen lain yaitu segmen sport.

Pada sport mereka memulai dengan menghadirkan motor pada kelas 150cc CB150R dll, kemudian beranjang ke sport fairing dengna menghadirkan CBR Lokal, tentunya strategi yang mereka terapkan ini menambah amunisi daya gedor untuk mengalahkan kompetitor.

Terbukti hadirnya All New CB150R SF berhasil mengalahkan penjualan Yamaha V-xion dalam beberapa bulan terakhir ini, nah sekarang mereka akan menambah amunisi baru dengan menghadirkan CBR150R Facelift mereka masih mau bermain di kelas 150cc sampai benar-benar mampu menguasai pasar, dan kemungkinan baru beranjak ke sektor lain sport 250cc. Cukup menarik ulasan dari kang james bond Bonsaibiker ini, mari lanjut.

Kebutuhan Lapangan

Contohnya disini dari CB 150R dan All New CB150R, keduanya memiliki perbedaan All New CB150R lebih ringan dan bertenaga, jika di bandingkan dengan CB150R pasti ada perbedaan dari segi tenaga mesti nunggu lama untuk dapat top speed.

Kemudian jika dilihat dari kelasnya sudah jelas CB150R dibawah dari CBR150R, dari segi apa ?, harganya hehe.

Dari sinilah kasus kebutuhan lapangan bermula, untuk kita yang udah beli CBR150R pasti komplen jika di bandingkan dengan CB150R yang lebih keren, ya kan ?.

Maka disinilah jawabannya mengapa CBR Lokal cepat facelift, upgrade ini nanti pun sangat wajar jika Honda habis-habisan memberikan penyegaran pada tampilan dan mesin CBR150R.