Hujan crash meramaikan dari sesi latihan bebas sampai kualifikasi MotoGP Argentina 2016 kemarin, untuk kepentingan keamanan pembalap maka GP Argentina 2016 ini akan diubah hanya 2016 lap saja kemudian akan dibagi kedalam dua ketegori aturan untuk trek basah dan kering. Jadi para pecinta MotoGP wajib tahu aturan ini jelang Race MotoGP Argentina 2016 yang akan berlangsung beberapa jam kedepan lagi.
Aturan Race Dalam Kondisi Kering
- Pembalap harus mengganti motor mereka setelah 10 atau 11 lap berlangsung
- Jika balapan sudah berlangsung maka Race Direction akan mempertimbangkan kondisi dan situasi keamanan pembalap, sehingga jika tidak memungkinkan maka red flag akan dikibarkan dan semua rider wajib masuk kedalam pit lane.
- Setiap tim akan diberikan waktu selama 15 menit setelah bendera merah berkibar untuk melakukan penyesuaian pada motor sebelum pit lane dibuka.
- Bagian kedua akan dimulai selama sisa 10 lap, posisi starting grid akan ditentukan dari posisi 10 lap pertama yang sudah berlangsung.
Aturan Race Dalam Kondisi Basah
- Pembalap hanya diperbolehkan masuk pit pada lap kesembilan untuk mengganti mesin
UPDATE ATURAN TERBARU 1.27 WIB :
Kondisi Trek Kering
- pembalap harus mengganti motor pada lap ke sembilan, sepuluh, atau kesebelas, pergantian ini harus dilakukan sebelum lap ke dua belas dan harus sudah dimulai akhir lap ke sembilan.
- Jika hujan dan race sudah dimilai race direction akan mempertimbangkan keselamatan, dan jika lap sudah berjalan sebanyak 13 putaran maka semua pembalap yang masih aktif akan diberikan poin penuh dan balapan dihentikan
- Jika balapan mengalami gangguan sebelum 13 putaran berjalan maka semua tim diberikan kesempatan selama 15 menit setelah bendera merah berkibar untuk mempersiapkan motor sesuai dengan kondisi
- kemudian balapan akan menyelesaikan target yang disesuaikan yaitu 20 laps, hal ini terkendala alasan ban, jadi sesi kedua akan menyelesaikan 10 lap
- posisi grid akan ditentukan dari 10 lap putaran pertama, bukan posisi starting grid saat kualifikasi.
Jika kondisi trek basah
- pengendara hanya diperbolehkan masuk pit pada akhir lap ke 9, artinya hanya diperbolehkan setelah menyelesaikan putaran penuh dilap kesembilan jadi bisa masuk antara lap sepuluh dan sebelas.
- Jika kondisi basah dan sudah berjalan 13 putaran maka balapan akan dinyatakan selesai jika kondisi tidak memungkinkan untuk melanjutkan race, posisi saat race dihentikan akan menjadi pemenang