15 April 2016

Tampil Dominan, Rahasia Marc Marquez Di GP Amerika Terbongkar!

Kita tahu bahwa Motogp musim ini memiliki perubahan besar untuk 2 faktor, yang pertama perubahan pada ban dan perangkat elektronik, tapi bagaimana caranya Marc Marquez bisa tetap tampil dominan di sirkuit Austin seperti tiga tahun sebelumnya?, Rahasia ini dibongkar oleh Marc Marquez sendiri.

Tampil Dominan, Rahasia Marc Marquez Di GP Amerika Terbongkar!

Marc Marquez mendominasi GP Amerika 2016 lalu sejak latihan bebas hari pertama sampai terakhir, hanya saja pada sesi pemanasan Andrea Iannone lebih unggul 0,2 detik darinya, namun ia berhasil meninggalkan pembalap lain jauh dibelakangnya saat race benar-benar dimulai, bagaimana ini bisa terjadi? saat pembalap lain banyak yang mengeluhkan tentang ban depan Michelin, Marc justru bisa melaju diluar batas di sirkuit Austin minggu lalu.

Baca Juga (Jadwal Lengkap MotoGP Jerez, Spanyol 2016)

"Kita harus memahami karakter ban dan demikian pula untuk gaya berkendara harus disesuaikan, bahkan aku mencoba menginjak rem pada saat latihan bebas pertama sama seperti saat masih menggunakan bridgestone tapi aku tidak bisa berhenti diposisi yang pas, Michelin dan Bridgestone bekerja dengan sangat berbeda. Saya dan tim terus melakukan analisa" Ungkap Marc Marquez.

Dari pernyataannya diatas membuktikan bahwa Marquez sudah melakukan percobaan untuk hal yang sangat sensitif dihari pertama yaitu pengereman, sehingga ia bisa lebih menyesuaikan lagi dimana posisi yang tepat untuk mulai melakukan pengereman. Ini Bocoran pertama dari Marc Marquez.

Tak heran jika pada seri GP Amerika lalu Marc Marquez terlihat bisa tampil sangat agresif dengan gaya mengemudinya tersebut, disisi lain para pembalap banyak mengalami kecelakaan akibat masalah ban depan contohnya Valentino Rossi dan Dani Pedrosa.

Marc Marquez justru memberikan pujian untuk Michelin karena kinerja mereka sudah mulai membaik sejak tes pramusim sebelum MotoGP dimulai beberapa bulan lalu.
Di Austin Michelin menyediakan beberapa pilihan ban, hal ini menunjukan bahwa mereka memiliki banyak pekerjaan, mereka telah membawa ban baru di Austin untuk mencegah masalah di Argentina terulang kembali. Ketika saya memutuskan memilih ban depan lembut, insinyur Michelin telah mengatakan bahwa ban jenis ini hanya akan mampu bertahan 10 sampai 15 lap, lebih dari itu mungkin ban akan haus, tapi ternyata ini tidak terjadi, mereka telah melakukan pekerjaan yang sempurna. Inilah rahasia aku telah menembus batas di GP Amerika kemarin.