18 March 2016

Dani Pedrosa Keluhkan Penggunaan Winglet Di Motornya

Seperti yang terlihat pada latihan bebas hari pertama di Losail Qatar terlihat Honda kini telah menggunakan winglet aerodinamis pada motor RC213V 2016, hal ini rupanya dikeluhkan oleh pembalap berpengalaman mereka Dani Pedrosa yang kurang setuju dengan penggunaan winglet tersebut, winglet sendiri menjadi sesuatu yang lumrah pada musim ini Yamaha dan Honda sekarang juga menggunakan sayap pada motornya yang dipelopori oleh Ducati pada akhir musim lalu.

winglet honda 2016


Dani Pedrosa mengeluhkan tentang penggunaan winglet ini karena dirasa sangat sulit untuk berada dibelakang pesaing, hal sama juga diutarakan pembalap LCR Honda Crutchlow yang mengatakan penggunaan winglet bisa membahayakan pengendara saat terjadi tabrakan dan hal terburuk menurutnya sayap ini bisa melukai pembalap.

Tentang keselamatan penggunaan sayap ini diakui Pedrosa sudah dibicarakan dengan pihak penyelenggara MotoGP, mau tidak mau Pedrosa harus mengikuti aturan dari mekanik tentang penggunaan winglet pada motornya hanya saja hari jumat ini ia memutuskan untuk menggunakan sayap dengan ukuran yang lebih kecil, ungkap Pedrosa rekan satu timnya Marc Marquez hari ini disibukan dengan pemilihan dua ukuran winglet dan sepertinya winglet yang akan digunakan Marquez pada latihan bebas hari jumat ini akan lebih besar ukurannya.

Menanggapi komentar Pedrosa tentang winglet, Crutchlow juga menambahkan bahwa berada dibelakang pembalap yang menggunakan sayap ini terdapat turbulensi yang besar sehingga akan sangat sulit jika terus bertahan dibelakang pembalap tersebut, turbulensi sendiri merupakan gerak atau putaran yang tidak beraturan akibat perbedaan tekanan udara dan tempratur udara yang berbeda.

tags : hasil lengkap latihan bebas hari kedua motogp Qatar, motogp qatar 2016, hasi latihan bebas motogp qatar, hasil FP2 motogp qatar 2016